Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang (Polinema) menyelenggarakan Workshop Penulisan Jurnal Internasional bagi para Dosen di lingkungan Jurusan Teknik Elektro.

Acara Workshop mengambil tema : Pendampingan Penulisan Jurnal Bereputasi. Acara ini mengambil tempat di Auditorium Pasca Sarjana Magister Terapan Teknik Elektro Polinema dan diikuti sekitar 30 Dosen dari 7 Program Studi di Jurusan Teknik Elektro Polinema.

Acara diawali dengan sambutan dari Ketua Jurusan Teknik Elektro Polinema, Ir. Mohammad Noor Hidayat, S.T., M.Sc., Ph.D. Pada sambutannya disampaikan bahwa acara ini bertujuan mendorong dan mendukung agar para dosen di lingkungan Teknik Elektro semakin produktif untuk bisa menembus publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi. Juga beliau mengharapkan agar ke depan bisa terwujud kolaborasi dengan institusi tempat pembicara yang diundang kali ini.

Pada kegiatan workshop kali ini menghadirkan 4 Pembicara , diantaranya:

  1. Farid Dwi Murdianto, S.ST., M.T. – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  2. Prof. Dr. Eng. Fitri Utaminingrum, S.T., M.T. – Universitas Brawijaya
  3. Agwin Fahmi Fahanani, S.T., M.T. – Universitas Brawijaya
  4. Dr. Muhammad Faisal, S.Kom., M.T. – UIN Maulana Malik Ibrahim

Foto bersama narasumber dan dosen jurusan teknik elektro

Pada materi awal yang dibawakan oleh Farid Dwi Murdianto, S.ST., M.T. , memberikan materi mengenai Strategi Penulisan Jurnal Internasional Bereputasi. Farid menekankan bahwa dalam menulis karya dalam bentuk jurnal hendaklah ditonjolkan novelty yang dikemas sebaik mungkin. Hal ini untuk memperbesar peluang diterimanya jurnal. Salah satu tips yang disampaikan terkait ini adalah pada penulisan judul yang memancing minat reviewer, bukan judul yang terlalu umum.

Selanjutnya diperkenalkan berbagai tools Kecerdasan Buatan / Artificial Intellegence (AI) yang sangat membantu peneliti untuk membuat jurnal oleh Prof. Dr. Eng. Fitri Utaminingrum, S.T., M.T. sebagai pembicara berikutnya. Tools AI ini tidak serta merta menggantikan peran peneliti dalam menuliskan seluruh konten. AI tetap memiliki kesalahan, dan yang menjadi korektornya adalah manusia itu sendiri, dalam hal ini untuk penulisan jurnal yang menjadi penentu kebenaran adalah peneliti tersebut.

Pada materi ketiga oleh Agwin Fahmi Fahanani, S.T., M.T. disampaikan mengenai cara penyajian data pada penelitian. Berbagai jenis grafik diperkenalkan dan juga aturan-aturan tentang penyajian data pada jurnal yang baik dibahas tuntas. Agwin memberikan contoh penggunaan tools Tableu sebagai piranti lunak yang sangat mempermudah para peneliti dalam menyajikan data dibandingkan dengan cara konvensional yaitu yang biasnya menggunakan aplikasi umum excel.

Bagian penutup disampaikan mengenai dukungan kolaborasi dalam penelitian untuk publikasi jurnal ilmiah bereputasi . Materi terakhir dibawakan Dr. Muhammad Faisal, S.Kom., M.T. memfokuskan peran pihak yang melakukan review atas draft jurnal sebelum dipublikasikan untuk meminimalkan draft jurnal tersebut di tolak.

Semoga dengan kegiatan ini membawa manfaat bagi pengembangan kemampuan para dosen di lingkungan Jurusan Teknik Elektro Polinema.