Program Studi Teknik Telekomunikasi mengadakan Workshop Peningkatan Kompetensi bagi Dosen dan Tenaga Pendidikan di lingkungan Program Studi Teknik Telekomunikasi dan Jaringan Telekomunikasi Digital Jurusan Teknik Elektro pada Senin-Rabu, 22-24 Juli 2024. Acara ini diselenggarakan di Ivory Meeting Room, Hotel Atria, Jalan Letjend S Parman No.87 – 89, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dosen di bidang Teknik Telekomunikasi dan Jaringan Telekomunikasi Digital Jurusan Teknik Elektro.

Pelatihan Fiber to The Home

Workshop ini mengusung tema Pelatihan Mobile Network Fundamental 4G/5G, Pelatihan Fiber to The Home, dan Pelatihan Mastering Microsoft Office, yang dibagi menjadi tiga kelompok pelatihan. Peserta kegiatan ini meliputi dosen, tenaga kependidikan, dan PLP. Workshop ini menghadirkan narasumber yaitu Antonius Duty Susilo, S.T., M.T. dari Informatic Engineering Department, STMIK Pradnya Paramita Malang, Assoc. Prof. Dr. Eng. H. Khoirul Anwar, S.T., M.Eng dari The University Center of Excellence for Advanced Intelligent Communications (AICOMS), Telkom University, dan Yusuf Rizal H dari Inixindo.

Pelatihan Mobile Network Fundamental untuk 4G dan 5G mengajarkan peserta tentang dasar-dasar jaringan seluler, termasuk teknologi 5G. Peserta diharapkan dapat memahami jaringan seluler klasik serta tren jaringan wireless generasi terbaru, seperti 4G dan 5G, memahami skenario penyebaran jaringan seluler, fitur dan keamanan jaringan seluler, serta menggambarkan komponen, elemen jaringan, subsistem, dan antarmuka jaringan seluler, serta menentukan fitur utama dari antarmuka tersebut.

Pelatihan Mobile Network Fundamental 4G/5G

Peserta dan Mentor Pelatihan Mobile Network Fundamental 4G/5G

Pelatihan Fiber to The Home ditujukan untuk memahami teknologi dan praktik terkait penyediaan konektivitas internet berkecepatan tinggi langsung ke rumah pelanggan. Materi pelatihan meliputi Connecting Mikrotik With Fiber Optic, sistem penyediaan akses jaringan fiber optik di mana Titik Konversi Optik (TKO) berada di end user, dan Fiber to The Home. Sedangkan pelatihan Mastering Microsoft Office bertujuan memberikan pemahaman dan penggunaan efisien dari berbagai aplikasi dalam paket Microsoft Office, seperti Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan lainnya.

Pelatihan ini dilakukan dengan kombinasi antara teori dan praktik untuk memastikan peserta workshop mendapatkan pemahaman mendalam dan keterampilan praktis yang diperlukan bagi dosen, tenaga kependidikan, dan PLP Polinema.